Sabtu, 06 Agustus 2011

Jenis jenis Kapal Layar dan Istilah-istilah di dalamnya (Part 2)


Oke, Uoza is right back. Sesuai janji, Uoza akan membagi tentang istilah dalam kapal layar. Langsung aja, check it out...!
Aback = Mengambil angin secara tidak biasa (secara frontal). Hal ini menyebabkan kecepatan kapal menurun dengan drastis bahkan berhenti sesaat, biasanya dilakukan dengan sengaja namun lebih banyak karena kesalahan.
Adrift = Menurunkan jangkar dan membiarkan kapal terapung ketika terjadi badai di lautan.
Balast = Pemberat yang diletakan di dasar lambung kapal, berguna sebagai pemberat dan penyeimbang kapal supaya bisa terapung dengan baik di air.
Belebas = Karang atau benda penghalang lainnya yang dapat menghambat laju kapal di dalam air.
Clock calm = Cuaca laut yang sangat tenang dan ombak yang sempurna.
Foathering =  Menambal lubang kecil di bagian bawah kapal yang berada dalam air dengan kain layar yang berisi kayu.
Gybe/Jibe = Arah berlayar ketika angin datang dari belakang buritan dengan memutar layar dari sisi kapal yang satu ke sisi lainnya. Merupakan salah satu teknik dasar manuver kapal seperti Tacking/tucking dan Wearing ship.
 Hardaweather = Mengarahkan kemudi supaya bisa naik ke atas angin.
Hibooth = Berhenti atau menjalankan kapal secara perlahan dengan mengatur bukaan layar.
Li Laut = Satuan jarak yang dipakai di laut. 1 Li laut : 1.852 meter.
Look Out = Pengawas yang bertugas untuk memantau atau mengawasi keadaan disekitar kapal. Biasanya berada di puncak tiang atas kapal.
Mijibb = Mengembalikan posisi kemudi seperti semula (tengah).
Poin = Ukuran arah, 1 poin : 11,25°.
Port = Memutar kemudi ke arah kiri.
Starboard = Memutar kemudi ke arah kanan.
Sea Anchor = Semacam parasut yang digunakan untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan kapal secara mendadak. Penggunaanya dengan cara dilemparkan ke laut.
Scuttle = Jendela kecil yang berada di lambung kapal.
Trim = Mengarahkan layar pada sudut paling sesuai dengan angin sehingga kapal bisa melaju dengan kecepatan maksimum. Atau bisa juga berarti mengatur kedalaman haluan dan buritan badan kapal yang terendam air.
Whole In = Menarik tali layar ke arah dalam kapal.
Whole out = Mengendurkan tali pengatur layar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar