Minggu, 31 Juli 2011

Jenis jenis Kapal Layar dan Istilah-istilah di dalamnya (Part 1)

"nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa

angin bertiup layar terkembang

ombak berdebur di tepi pantai
pemuda b'rani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai"



Masih ingat dengan syair lagu di atas? Yup, ini merupakan lagu Uoza ketika masih kecil dulu. Lagu yang diajarkan ketika Uoza masih TK. Uoza masih ingat ketika kecil sudah suka dengan yang namanya laut (sekarang pun masih), hingga pernah bercita-cita menjadi seorang pelaut. Karena mengagumi dengan yang namanya kapal layar Uoza berharap bisa memilikinya suatu saat nanti dan berlayar ke seluruh dunia dengan kapal tersebut. Dekat rumah Uoza ada sebuah galangan kapal yang membuat serta memperbaiki kapal-kapal yang berbentuk pinisi. Jadi Uoza waktu kecil sering main ke sana terutama sore hari, dari sekedar memancing atau hanya menikmati angin dan matahari sore di atas kapal yang sedang dibangun.
Kali ini postingan Uoza membahas tentang KAPAL LAYAR. Uoza akan berbagi mengenai jenis-jenis dan istilah yang dipergunakan pada kapal layar. Ide postingan ini berawal dari membaca komik The Tale Of Sea King yang bercerita tentang petualangan Fan Gamma Bizen. Tertarik dengan kapal serta istilah-istilah yang dipergunakan, maka Uoza berinisiatif untuk membaginya kepada kalian. Mungkin kalian udah pada tau ato gak pernah mendengar tentang istilah-istilah yang Uoza bagikan, tapi bagi Uoza itu tidak masalah karena ilmu itu untuk dibagikan, setuju g? ^^
Oke Uoza mulai ya, pertama-pertama kita harus berkenalan dengan kapal-kapal layar. Pada umumnya tipe-tipe kapal layar tiap belahan dunia itu berbeda. Contohnya kapal pinisi dari Indonesia:





Kapal Layar khas Indonesia, Kapal Pinisi

Lalu ada kapal Jung, kapal layar khas dari China yang sangat besar ukurannya:

Kapal Layar khas China, Jung
Kemudian ada kapal layar Galiung yang umumnya banyak digunakan oleh orang-orang Eropa :


Kapal Layar galiung yang dipergunakan di Eropa
Ada juga kapal layar dari Korea yang biasa juga disebut dengan kapal Kura-kura :


Kapal Kura-kura khas dari Korea


Ada juga kapal layar dari abad 19 yang disebut Kliper, ini merupakan kapal khas dari Britania Raya dan koloninya, seperti Amerika :


Kapal Klipper dari Britania Raya di abad 19
Terakhir ada kapal layar Yacht yang ukurannya lebih kecil, ringan, dan cepat. Umumnya dipergunakan untuk lomba di masa kini :


Kapal Yacht yang sering diperuntukkan buat lomba


Nah, secara umum kita udah tau jenis-jenis kapal layar, sekarang Uoza akan persempit lagi jenis kapal layar yang akan dibahas. Kapal layar yang akan dibahas kali ini berasalkan dari jenis tiangnya, dan umumnya termasuk dalam jenis kapal layar tipe Klipper. Kenapa Klipper? karena Klipper merupakan tipe kapal layar yang besar namun cepat, serta panjang dan ramping. Tipe ini biasa dibuat sebagai kapal barang dan penumpang namun ada juga yang menggunakannya sebagai kapal perang. Tipe ini juga yang ada dalam komik The Tale Of Sea King selain dari tipe Galiung.


Pertama-tama adalah kapal layar berjenis Topsail Schooner, merupakan kapal layar yang memiliki dua tiang layar atau lebih yang dimana biasanya tiang depan lebih pendek atau sama dengan tiang layar belakang. Layar pada kapal tipe ini umumnya biasa diputar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan angin.Sebutan Topsail karena pada umumnya di tiang layar atas depan dipasang layar persegi. Dalam komik The Tale Of Sea King kapal yang menggunakan tipe ini adalah kapal Bayangan kedelapan milik Fan Gamma Bizen. Ini contoh kapalnya :


Dengan 2 tiang layar

Jenis Topsail Schooner dengan 3 tiang

Berikutnya adalah kapal layar jenis Barquentine, merupakan jenis kapal yang menggunakan tiga tiang layar yang dimana tiang layar depan menggunakan layar persegi secara penuh. Sedangkan dua tiang lainya menggunakan layar yang bisa diputar atau juga disebut gaffsail. Dalam komik The Tale Of Sea King, kapal yang menggunakan jenis ini adalah kapal bayangan kedua, keempat, keenam dan ketujuh. Contoh kapalnya sebagai berikut :


Barquentine

Barquentine


Selanjutnya adalah kapal layar jenis Barque, umumnya kapal ini menggunakan tiga tiang layar yang dimana tiang pertama dan tiang kedua kapal menggunakan layar persegi. Sedangkan tiang belakang menggunakan layar yang bisa diputar atau gaffsail. Dalam komik, kapal yang menggunakan jenis ini adalah kapal bayangan pertama, ketiga, kelima dan Coll Seilios yang merupakan kapal raja suku Laut. Contoh kapalnya sebagai berikut :


Barque

Barque


Terakhir adalah kapal layar jenis Brigantine, kapal ini hanya memiliki dua tiang layar yang dimana tiang layar depan menggunakan layar persegi dan tiang layar belakang menggunakan layar yang bisa diputar atau gaffsail. Berikut contoh kapalnya :


Brigantine

Brigantine


Oke, sekarang kita udah tau dan bisa melihat perbedaan yang sangat jelas dari kapal-kapal tersebut. Bila diperhatikan perbedaan yang mencolok dari semua kapal tersebut adalah Topsail Schooner. Bila jenis lainnya menggunakan layar persegi secara penuh di tiang layar depan, maka Topsail Schooner hanya menggunakan layar persegi dibagian atas tiang. Hal ini dikarenakan kapal tersebut dirancang untuk bisa bermanuver dengan cepat.
Karena Uoza udah cukup capek, maka istilah-istilah dalam kapal layar akan Uoza postingkan pada kesempatan berikutnya. Karena ada bahan-bahan yang perlu Uoza rangkum terlebih dahulu dan mentranslatekannya kembali.Uoza minta maaf sebelumnya bila gak bisa membahasnya sekaligus tapi Uoza janji postingan selanjutnya akan Uoza bagikan mengenai istilah-istilah tersebut. ^^ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar