Kamis, 28 Juli 2011

Surat Kecil Untuk Tuhan



Kemarin Uoza baru saja menuntaskan sebuah keinginan buat nonton film Surat Kecil Untuk Tuhan. Setelah sekitar 3 minggu menunggu akhirnya dapat juga kesempatan buat menontonnya. Kalo Uoza memberi nilai film ini, ini berating 7 walo jalan ceritanya Uoza anggap sedikit datar. Terlepas dari ceritanya yang agak datar, film ini layak ditonton oleh keluarga Indonesia.
Surat Kecil Untuk Tuhan diangkat dari kisah nyata dan novel yang berjudul sama. Menceritakan tentang seorang gadis berusia 13 tahun yang bernama Gita Sesa Wanda Cantika yang mengidap kanker Jaringan Lunak (Rhabdomyosarcoma) pertama di Indonesia. Gita atau yang biasa dipanggil Keke ini, berubah menjadi 'monster' setelah wajahnya menjadi rusak akibat kanker tersebut. Beruntung Keke memiliki enam sahabat yang dekat dengannya, dan keluarga yang menyayanginya serta Andy yang merupakan pacarnya.
Sempat merasa putus asa akibat penyakit ini, akhirnya Keke bisa kembali bersemangat untuk melawan penyakit yang dideritanya. Usaha keras ayahnya untuk menyembuhkan Keke akhirnya berbuah hasil.
Berkat pengobatan kemoterapi yang dijalani olehnya, perlahan-lahan Keke kembali sehat walo sempat merasakan efek dari kemoterapi tersebut. Masa-masa yang indah pun kembali dirasakan oleh Keke, bersama keenam sahabatnya dia melanjutkan kembali mimpinya untuk tampil dalam sebuah acara pentas kesenian. Untung tak bisa diraih dan malang tak bisa ditolak, dalam masa ini Keke kembali terkena kanker tersebut. Hal ini telah diperkirakan oleh dokter yang merawat Keke dalam kurun waktu setahun terakhir. Waktu semakin berlalu, rambut Keke yang mulai tumbuh kembali perlahan-lahan rontok dan akhirnya menjadi botak. Tubuhnya juga sudah mulai tidak berfungsi dengan normal secara perlahan-lahan. Melihat kondisi tersebut terpaksa Keke harus melupakan mimpinya untuk tampil diacara pentas kesenian tersebut. Keenam sahabat Keke hanya bisa mempersembahkan pertunjukkan yang mereka tampilkan untuk Keke.
Kondisi Keke semakin memburuk, dalam keadaan ini Keke masih menyempatkan diri untuk mengikuti Unas di sekolahnya. Setelah Unas tersebutlah Keke jatuh pingsan dan harus kembali ke Rumah Sakit. Tubuhnya semakin melemah dan sudah tidak kuat lagi untuk melawan kanker tersebut. Akhirnya Keke harus meninggal dunia setelah menyampaikan pesan terakhirnya agar keluaraga mereka tetap bersatu.

Keke dalam masa terkena kembali kanker masih bisa menunjukan sikap untuk peduli dengan sesama. Hal ini dengan menolong seorang anak kecil yang juga terkena kanker agar bisa dioperasi setelah sebelumnya tidak bisa ikut operasi karena kekurangan biaya. Keke meminta ayahnya agar menolong anak tersebut dengan memakai biaya buat dirinya.
Film ini sarat muatan nilai moral yang bisa kita tangkap dari perjuangan hidup seorang Gita Sesa Wanda Cantika. Dia tidak menyerah untuk berjuang melawan penyakitnya, meski sempat putus asa Keke kembali menjadi gadis yang tegar, ceria dan selalu memperhatikan sekelilingnya meski dia tahu akan umurnya tidak lama lagi. Keinginannya agar dia menjadi seperti bintang Sirius yang bersinar terang walo terhalang oleh awan di langit tapi masih bisa kelihatan. Mendekati akhir ajalnya, Keke menyadari untuk menjadi bintang tersebut pastilah memerlukan energi yang besar dan sekarang energi itu telah habis seiring dengan jalannya waktu.

Uoza merekomendasikan film ini kepada semua Movie Mania, banyak pelajaran yang bisa kita petik dalam kehidupan dengan menonton film ini. Semangat untuk menjadi terbaik dan pantang menyerah adalah yang dibutuhkan dalam hidup walo berbagai macam rintangan menghalangi.
Para pemain dalam film ini Uoza acungi jempol karena telah maksimal aktingnya. Khususnya akting Dinda Hauw yang berperan sebagai Keke, telah sangat berhasil menghidupkan karakternya. Uoza ampe terharu nonton film ini, T.T... Berikut ini berupa surat Keke untuk Tuhan yang dituliskannya..

Surat Kecil Untuk Tuhan

Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.

Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku,
terjadi pada orang lain.

Tuhan…
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu

Tuhan…
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu

Tuhan…
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..

Tuhan…
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh, agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya.

Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan
kepada ayah dan sahabat-sahabatku

Tuhan…
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup
kepada siapapun yang mengenalku..

Tuhan ..
Surat kecil-ku ini
adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali…

Ke dunia yang Kau berikan padaku..

In memorial

Gita Sesa Wanda Cantika

sumber: http://amriawan.blogspot.com/2011/05/surat-kecil-untuk-tuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar