Senin, 18 Juli 2011

Mobil Klasik Jepang bagian kedua


Sekarang  Uoza akan melanjutkan postingan sebelumnya mengenai mobil-mobil klasik Jepang.
Pada postingan ini seharusnya menjadi postingan pada bagian pertama, karena ada hal-hal tertentu maka bahan buat postingan ini menjadi bagian yang kedua. Okelah, itu juga bukan masalah mau yang pertama atau yang kedua paling penting Uoza akan membagi tentang mobil tersebut..! ^^

A. Toyota 2000 GT
Merupakan hasil evolusi dari Toyota GT 1600, masa produksinya dimulai setelah 3 bulan dari GT 1600. Berbeda dengan GT 1600, GT 2000 dirancang secara mewah dan berkualitas tinggi sehingga harganya mahal. Selain itu, ada yang khusus dibuat untuk diekspor ke Amerika, hal tersebut tentu saja menggunakan ciri-ciri mobil Barat. Tipe ini biasanya disebut MF12L atau juga GT 2300 karena mesinnya berkapasitas 2300cc. Tipe ini hanya ada 9 karena Toyota membatalkan rencana ekspornya.
Spesifikasi mobil sebagai berikut :
Mesin : DOHC straight 6
Kapasitas : 2000 cc, 2300 cc khusus tipe MF12L
Torsi maksimum : 18 Kg-M/ 5.000 Rpm
Daya maksimum : 150 Ps
Kecepatan maksimum :  220 Km/h
Harga waktu produksi :
Tahun produksi : 1967 - 1970 (337 unit)

B. Isuzu Bellet 1600 GT-R
Merupakan mobil pelopor dalam penggunaan istilah GT dalam nama mobil. Basic awal mobil ini berupa mobil yang bernama Berrel. Berrel merupakan hasil kerjasama Isuzu dengan sebuah perusahaan Inggris, Rutz Group.  Setelah mengalami beberapa kali perubahan kecil maka lahirlah Bellet 1600 GT type R sebagai pengembangan terakhir.
Spesifikasi mobil sebagai berikut :

Mesin : 4 silinder segaris DOHC
Kapasitas : 1.584 cc
Torsi maksimum : 14.5 Kg-M/ 5.400 Rpm
Daya maksimum : 120 Ps/ 6.400 Rpm
Kecepatan maksimum :
Harga waktu produksi : 1.116.000 Yen
Tahun  produksi : April 1969 – September 1973 (Bellet series awal diproduksi dari November 1963) 

C. Honda S800
Merupakan mobil series S yang dibuat khusus sebagai mobil sport. Mobil ini merupakan langkah awal Honda dalam memasuki industri mobil sport. Mobil ini menerapkan sistem teknologi dari sepeda motor yang merupakan spesialis dari perusahaan Honda. Mobil ini disebut juga sebagai smile car karena bagian depan mobil yang seperti tersenyum.
Spesifikasi mobil sebagai berikut :

Mesin : 4 silinder DOHC, berpendingin air
Kapasitas : 791 cc
Torsi maksimum : 6,7 Kg-M/ 6.000 Rpm
Daya maksimum : 70 Ps/ 8.000 Rpm
Kecepatan maksimum : 160 Km/h
Harga waktu produksi : 658.000 Yen (Roadster), 604.000 Yen ( Coupe)
Tahun produksi : Januari 1966 – Juli 1970 dengan jumlah 11.406 unit (seri S diproduksi sejak Oktober 1963)

D. Hino Contessa 1300 Coupe
 Merupakan mobil produksi Hino yang dihasilkan dari kerjasama dengan Renault. Model awalnya adalah Contessa 900 bermesin belakang. Berdasarkan pengalaman inilah Hino mengembangkan Contessa 1300 dengan desain yang dirancang oleh Giovanni Micheloti dari Itali. Mobil ini memenangkan penghargaan Cocours D’Elegence selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 1966.
Spesifikasi mobil sebagai berikut :
Mesin : Tipe GR 100, 4 silinder segaris OHV / DOHC (hanya ada 4 mobil dan tidak diproduksi massal)
Kapasitas : 1.251 cc
Torsi maksimum : 10 Kg-M/ 3.800 Rpm
Daya maksimum : 65 Ps/ 5.500 Rpm
Kecepatan maksimum : 145 Km/h
Harga waktu produksi : 853.000 Yen
Tahun produksi : September 1964 – Maret 1967 (Meski demikian produksi tetap dilanjutkan hingga 1970 untuk memenuhi pesanan)

E. Prince Skyline GT-B
Merupakan mobil yang dikembangkan oleh perusahaan Prince yang awalnya bergerak pada bidang pesawat yang bernama perusahaan Ishikawajima. Salah satu hasil pesawatnya adalah peasawat tempur Hayate dan Hayabusa. Julukan mobil ini adalah Serigala berbulu Domba yang diberikan ketika mengikuti Japan GP dan bersaing dengan Porsche 904 GTS. Mobil ini mempunyai tiga tipe yang dibedakan dari front grill-nya.
Spesifikasi mobil ini sebagai berikut:
Mesin : Tipe G7 berpendingin air
Kapasitas : 1.988 cc
Torsi maksimum : 17.8 Kg-M/ 4.400 Rpm
Daya maksimum : 125 Ps/ 5.400 Rpm
Kecepatan maksimum : 180 Km/h
Harga waktu produksi : 880.000 Yen
Tahun produksi : Februari 1965 – Juli 1968 ( Oktober 1966 berubah nama menjadi Nissan Skyline GT)

F.  Mazda Carol
Merupakan mobil ringan kecil keluarga yang diciptakan dari basis Mazda 700. Mazda Carol menjadi basis dari produksi Mazda dalam hal keunggulan desain mobil. Mobil ini memiliki mesin 4 langkah dan 4 silinder yang pada dasarnya berbeda dengan mobil ringan lainnya.
Spesifikasi mobil ini sebagai berikut :
Mesin : Tipe DA 4 langkah, 4 silinder OHV, berpendingin air
Kapasitas : 358 cc
Torsi maksimum : 2.1 Kg-M/ 5.000 Rpm
Daya maksimum : 18 Ps/ 6.800 Rpm
Kecepatan maksimum : 90 Km/h
Harga waktu produksi : 370.000 Yen
Tahun Produksi : Februari 1962 – Agustus 1970 (265.226 unit)

G. Mitsubishi Galant GTO
Merupakan mobil bersejarah karena diciptakan bersamaan dengan Toyota Celica yang menghasilkan genre baru dalam industri mobil dengan sebutan speciality car. Speciality car adalah mobil dengan hidung panjang dan memiliki deck yang rendah. Mobil ini mengambil basis dari sedan 4 pintu colt Galant. Mobil ini memiliki 3 tipe yaitu Mi, MII dengan SOHC dan MR dengan DOHC.
Spesifikasi mobil ini sebagai berikut :
Mesin : Tipe 4G 32, 4 silinder segaris DOHC, berpendingin air
Kapasitas : 1.597 cc
Torsi maksimum : 14.5 Kg-M/ 5.000 Rpm
Daya maksimum : 125 Ps/ 6.800 Rpm
Kecepatan maksimum : 200 Km/h
Harga waktu produksi : 1.125.000 Yen
Tahun produksi : Desember 1970 – Januari 1973 (835 unit)

H. Toyota Corolla Levin
 Merupakan saudara dari Toyota Trueno yang terkenal dengan AE 86-nya. Dengan konsep body kompak dan ringan serta dengan mesin yang powerfull menjadikan mobil ini setara dengan Toyota 2000 GT dan Porsche 911. Selain itu, mobil ini banyak memenangkan balapan baik di Jepang maupun di luar Jepang. Mobil ini merupakan mobil pertama yang menyediakan rasa sports kepada orang kebanyakan.
Spesifikasi mobil ini sebagai berikut :
Mesin : Tipe 2 T-G, 4 silinder DOHC, berpendingin air
Kapasitas : 1.588 cc
Torsi maksimum : 14.5 Kg-M/ 5.200 Rpm
Daya maksimum : 115 Ps/ 6.400 Rpm
Kecepatan maksimum : 190 Km/h
Harga waktu produksi : 815.500 Yen
Tahun produksi : Maret 1972 – Maret 1974

Nah, itu dia sebagian mobil klasik Jepang yang Uoza tau. Klo ada para bloggers yang lebih tau ato punya info lebih mari kita saling berbagi. Lain waktu Uoza ingin berbagi cerita tentang AE 86 mobil idaman Uoza (klo ada duit buat beli).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar