Minggu, 17 Juli 2011

Mobil Klasik Jepang bagian pertama

Oke, kembali ke halamannya Uoza. Sekarang baru sempat posting lagi karena kesibukan Uoza dalam beberapa pekan terakhir. Nah, dalam kesempatan ini Uoza ingin berbagi mengenai mobil-mobil klasik buatan Jepang (coz Uoza suka hal2 yang berbau Jepang). Mulai senang dengan mobil-mobil klasik tersebut setelah membaca komik RESTORE GARAGE 251. Ni komik bercerita tentang sebuah bengkel mobil yang dikelola oleh Yumejiro Satomi dan cucunya Tetsu. Yang menarik dari ceritanya adalah bagaimana mereka merestorasi mobil klasik Jepang hingga restorasi kehidupan para pemilik mobil tersebut. Berawal dari sinilah Uoza ingin berbagi mengenai mobil klasik tersebut.


A. Suzuki Fronte 360 SS

 
Mobil ini adalah mobil ringan. Istilah mobil ringan tidak terlepas dari peraturan mengenai kendaraan di Jepang yang dikeluarkan pada tahun 1949. Mobil ringan adalah mobil standar khusus buatan Jepang dan terkecil di dunia yang jadi kebanggaan.
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Mesin : 3 silinder, 2 stroke, berpendingin udara.
Kapasitas : 360 cc
Torsi maksimum : 3,7 Kg-M/ 6500 Rpm
Daya Maksimum : 360 Ps/ 7000 Rpm
Kecepatan Maksimum : 125 km/ jam
Harga sewaktu muncul : 387.000 Yen
Tahun Produksi : November 1968 - September 1970

B. Toyota 1600 GT

Mobil ini mempunyai julukan 'Serigala berbulu domba lain' setelah mobil Prince Skyline GT-B. Mobil ini merupakan prototipe dari Toyota RT-X yang merupakan mobil khusus sport pada zamannya. Pada tahun 1966 mobil RT-X ini memenangkan lomba Japan Clubman  Race, sehingga mendorong untuk menciptakan mobil-mobil sejenis. Toyota
1600 GT ini merupakan generasi pertama dari mobil-mobil sport pertama Toyota seperti GT 2000.

Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Mesin : Tipe 9 R 4 silinder segaris, DOHC
Kapasitas : 1587 cc
Torsi maksimum : 14,0 Kg-M/ 5000 Rpm
Daya maksimum : 110 Ps/ 6200 Rpm
Kecepatan Maksimum : 175 Km/h ( 0-400 m 17,3 detik)
Harga sewaktu muncul : GT-5 = 1.000.000 Yen, GT-4 = 750.000 Yen
Tahun produksi : Agustus 1967 - Oktober 1968

C. Mazda Cosmo Sports

Mobil ini merupakan prototipe dari mobil sports Mazda masa kini seperti RX-7. Mobil ini merupakan hasil kerjasama dengan NSU yang memproduksi mobil bermesin rotari. NSU menciptakan NSU Wankel Spider yang merupakan mobil bermesin rotari pertama di Jepang dengan satu rotor, namun Cosmo Sports ini merupakan mobil berotari dengan dua rotor hasil kerja keras Mazda. Walaupun mobil ini mempunyai kapasita yang tidak sampai 1.000 cc, namun mampu bersaing dengan mobil yang kapasitasnya hampir 2.000 cc seperti Prince Skyline GT-B atau juga Nissan Fairlady.
Mobil ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
Mesin : Mesin rotari dengan 2 rotor, tipe 10A berpendingin air
Kapasitas : 491 cc x 2 rotor
Torsi Maksimum : 13,3 Kg-M/ 3.500 Rpm
Daya Maksimum : 110Ps/ 7.000 Rpm
Kecepatan Maksimum : 185 Km/h
Harga waktu muncul : 1.480.000 Yen
Tahun produksi : Model awal (tipe L10-A) Mei 1967 - Juli 968 (343 unit), model kedua (tipe L10-B) Juli 1968 - September 1972 (1176 unit)


D. Toyota Sports 800


  Mobil Toyota Sports 800 atau yang dikenal juga sebagai Yotahachi dirancang berdasarkan sasis mobil keluarga Toyota Cilica. Kemunculan Yotahachi ini menandai era mobil sport di Jepang dengan munculnya berbagai jenis mobil sport. Berlawanan dengan merk lain yang lebih mengutamakan teknologi dan high power, Yotahachi ini lebih mengutamakan bobot mobil yang ringan dan bensin yang irit.
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Mesin : Tipe 2 U, 2 silinder OHV, berpendingin udara
Kapasitas : 790 cc
Torsi maksimum : 6,8 Kg-M/ 3.800 Rpm
Daya maksimum : 45 Ps/ 5.400 Rpm
Kecepatan maksimum : 156 km/ h ( 0-400 m, 18.4 detik)
Harga waktu muncul : 595.000 Yen
Tahun produksi : April 1965 - Oktober 1969 (3.131 unit)

E. Isuzu Coupe 117

Mobil ini dibuat Isuzu dengan memesan desain dari perusahaan Ghia di Italia. Desainernya bernama Giogertto Guigiaro. Desain mobil yang mengikuti garis botol ini pernah memenangkan penghargaan Concours D'elegence dengan nama Ghia-Isuzu 117 Sports di Jenewa Swiss. 117 merupakan kode desain mobil ini. Karena keindahan body mobil ini, maka Isuzu sengaja memproduksi bodynya dengan hand made hingga tahun 1973 yang kemudian digantikan oleh mesin.
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Mesin : Tipe G161W, 4 silinder, berpendingin udara
Kapasitas : 1.585 cc
Torsi maksimum : 14,5 Kg-M/ 5.400 Rpm
Daya maksimum : 120Ps/ 6.400 Rpm
Kecepatan maksimum : 190 km/h
Harga waktu muncul : 1.720.000 Yen
Tahun produksi : Desember 1968 - Mei 1981 dengan 3 versi. Versi awal tahun 1968 - 1972 (2.500 unit), versi kedua (lampu bulat) tahun 1973 - 1976 (50.000 unit), versi ketiga (lampu kotak) tahun 1977 - 1981 (33.000 unit) 


Nah, itulah bagian pertama dari mobil klasik Jepang. Pada postingan berikutnya akan ada lagi mobil klasik Jepang lainnya... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar