Minggu, 09 Oktober 2011

Sengaja atau tidak ya? (lagu-lagu yang memiliki kemiripan nada dan irama)

Huryaaaaa.....!!!!
Uoza lagi senang banget nih, soalnya Uoza keterima untuk jadi peserta SP3 yang dilaksanakan oleh Menpora lewat tembusan Dispora masing2 provinsi. Hal yang lebih membuat Uoza senang adalah bisa kembali ke Jawa Timur karena bisa berkumpul lagi ma teman2 kuliah dulu. Terlebih-lebih ma para BEGUNDALZ (oh yeah...). Uoza akan ambil kesempatan ini sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik.
Oke, kembali ke topik lainnya. Topik yang kali ini adalah musik, mengapa musik karena minggu ini liga-liga di Eropa sedang libur buat kualifikasi Euro dan Uoza juga malas nulis tentang kualifikasi Euro. Topik musik yang Uoza ingin bahas adalah kesamaan nada dalam lagu-lagu luar dengan lagu Indonesia. Hal ini secara gak sengaja terperhatikan oleh Uoza.
Musik sesuatu yang sudah universal dan banyak dikenal oleh semua orang di muka bumi ini. Sejak dari zaman praaksara, manusia telah menggunakan musik sebagai bagian dari hidup. Mulai sebagai sarana pemujaan hingga sarana hiburan. Mulai dari bunyi-bunyian yang sederhana hingga yang kompleks, telah menciptakan berbagai musik yang indah. Mulai dari peralatan yang sederhana hingga peralatan musik yang modern membantu menghasilkan berbagai jenis karya yang unik dan kreatif.
Kehebatan musik yang hanya terdiri dari 7 nada, ternyata mampu menghipnotis manusia untuk menikmati keindahannya. Variasi nada tersebut banyak menghasilkan karya musik yang selalu diingat sepanjang masa. Contoh saja lagu-lagu klasik dari Eropa, lagu-lagu tradisional dari berbagai negara, serta lagu-lagu dari zaman kontemporer. Banyak lagu yang menjadi everlasting dan masih enak didengerin serta tidak jarang para musisi mengarasemen ulang tersebut dalam variasi berbeda. Tidak jarang pula para penyanyi mendaur ulang lagu-lagu lama untuk dijadikan sebagai hits single dalam album mereka.
Nah, dari hasil karya-karya yang diciptakan tersebut tidak jarang menjadi inspirasi untuk diciptakannya sebuah karya baru. Karya-karya tersebut tidak jarang yang mempunyai kemiripan nada dan irama dalam lagunya. Bahkan ada karya yang semuanya mirip dengan yang aslinya walau dengan judul yang berbeda. Hal inilah yang kemudian menjadi "perhatian" Uoza. Perhatian itu berawal dari mendengarkan sebuah lagu dan kemudian mendengarkan lagu yang lainnya. Dalam hal ini lagu yang Uoza dengerin lagu Indonesia.
Uoza selalu berpikir wah, keren nih musisi Indonesia bisa buat lagu yang enak kayak gini. Eh, ternyata setelah dengerin lagu dari luar, kok mirip banget dengan lagu Indonesia yang Uoza pernah dengerin. Bukan bermaksud jelek atau men-judge para musisi itu menjiplak karya dari luar, karena mungkin saja mereka terinspirasi dari karya-karya luar. Kemiripan ini tidak masalah selama tidak sama dengan karya yang asli, kalaupun sama dengan yang asli semoga saja itu sudah mendapatkan izin dari pemilik karya yang asli.
Uoza ingat, ketika masih kuliah Uoza pernah membaca sebuah artikel di Jawa Pos mengenai plagiat dalam karya musik. Beberapa musisi senior seperti James F. Sondah mengatakan kemiripan nada dan irama dalam sebuah lagu itu lumrah karena nada itu hanya ada 7. Namun, para musisi haruslah menciptakan karya yang orisinil meskipun mendapatkan inspirasi dari karya musisi lainnya. Karena itu perlu dibuat sebuah aturan dalam dunia permusikan untuk mencegah plagiat karya terjadi. Misalnya saja dengan aturan bahwa kemiripan nada dan irama itu hanya boleh terdapat dalam satu bar melodi, karena bila terdapat lebih dari satu bar melodi maka itu bisa disebut plagiat (kurang lebih begitu katanya, coz Uoza g ingat bener hehehe).
Untuk itu ada beberapa lagu yang Uoza temukan memiliki nada dan irama yang mirip dengan karya luar.
1. Once Upon a December (Deana Carter) dengan Kembang Perawan (Gita Gutawa).
2. Mr. Simple (Super Junior) dengan Cekat-cekot (Project Pop).
3. Baby (Justin Bieber) dengan I Heart U (Smash).
4. Yo Ye Amo (Chayane) dengan Call Me (Radja).
Itulah beberapa contoh lagu yang memiliki kesamaan nada dan irama dengan lagu-lagu luar. Terlepas dari itu itu, Uoza menikmati semua lagu-lagu tersebut. Ada lagi yang bisa menambahkan contoh lainnya??? ^^

1 komentar:

  1. Rains n tiers - sms:ria amelia
    Everytime we touch:cascada - cinta satu malam
    Kokoro iru yo:soulja - aishiteru:zyphilia

    BalasHapus